Selamat dan Sukses

atas dilantiknya Bapak DRS. H. NALIM, SH, MM dan DRS. HASAN BASRI HARUN sebagai Bupati dan Wakil Bupati Merangin tahun 2008-2013 oleh Gubernur Jambi atas nama Menteri Dalam Negeri Pada tanggal 6 juli 2008.

Selasa, 24 Juni 2008

PASCA KEKALAHAN GOLKAR DI MERANGIN

SUNGAIPENUH – Kekalahan Golkar selaku partai pemenang pemilu diajang pilkada Merangin menuai sorotan dari kader partai kuning tersebut ditingkat daerah, salah satunya dari pimpinan Golkar Kerinci H Z Arifin Adnan.

Wakil ketua DPRD Kerinci ini menilai, kekalahan Golkar di Merangin adalah sebagai akibat dari tidak berjalannya mesin politik dan kurangnya pembinaan dari DPD I Golkar Provinsi Jambi.

“Ya, kalau saya melihat mesin politik partai tidak jalan di Merangin, itu akibat kurangnya pembinaan dari DPD I,” tegas Z Arifin kemarin.

Seharusnya, kata Z Arifin, DPD I lebih banyak memberikan pembinaan serta memberikan masukan kepada Golkar didaerah yang akan melaksanakan pilkada. "Paling tidak soal teknik atau strategi dalam memenangkan pilkada," katanya.

Disamping itu, menurut pengamatan Z Arifin, kekalahan Golkar di Merangin juga disebabkan kurang harmonisnya hubungan antara DPD I dan calon Bupati dengan pihak Golkar Merangin bersama seluruh Pengurus Kecamatan (PK) yang ada. “Kalau sudah kurang harmonis tentu saja mesin politik tidak jalan, ditambah lagi pembinaan yang kurang,” katanya.

Jika DPD I tidak juga melakukan pembinaan di Kerinci, terutama menyangkut strategi untuk memenangkan pilkada, Z Arifin mengaku kuatir kemenangan yang diharapkan untuk membalas kekalahan di Merangin tidak bisa dicapai.

Akan halnya Golkar di Kerinci, sebut Z Arifin, antara calon Bupati dengan DPD I dan PK telah terjalin hubungan yang sangat harmonis. Terlebih calon yang dinginkan merupakan pilihan untuk melakukan pembaharuan di Kerinci yakni H Nuzran Joher yang masih muda dan energik.

"Sekarang tinggal lagi pembinaan dari tingkat I yang kita dirasakan masih kurang dan bahkan jarang sekali ke Kerinci. Tapi meski begitu, Golkar Kerinci tetap optimis bisa menang," terangnya.

Kekalahan Golkar selama ini, tambah Z Arifin, salah satu penyebab lainnya adalah dikarenakan banyaknya kader Golkar yang maju dipilkada, sehingga suara Golkar menjadi terpecah.

"Saya sangat sependapat dengan hasil Rapim Golkar yang memutuskan bagi kader yang mendaftar di partai lain maka akan dilakukan pemecatan sementara," sebutnya.

Arifin Adnan mencontohkan kasus yang terjadi pada salah seorang Kader Golkar Kerinci H Murasman, yang sudah dipastikan mencalonkan diri dari koalisi PPP dan PBR Kerinci. “Sudah menjadi ketentuanya bagi kader yang mendaftar di partai lain sebagai calon di KPU, nantinya seperti H Murasman maka yang bersangkutan tetap dipecat dan direcall dari DPRD Kerinci,” tandasnya.

Sementara itu, wakil ketua DPD I Golkar H Mardinal, membantah keras jika faktor penyebab kekalahan Golkar di Merangin disebut karena kurangnya perhatian dan pembinaan dari DPD I Golkar. Menurut dia, pihak DPD I sudah bekerja keras dan berbuat secara maksimal dalam mengurus dan membesarkan Golkar.

Dia malah balik menuding, Golkar tingkat dua lah yang tidak bersedia dibina oleh DPD I. "DPD II yang tidak jelas. Sekarang jangan saling menuding, instrospeksi diri sendiri. Z Arifin tidak usah mengurus DPD I, urus saja DPD II Kerinci," tandas Mardinal dengan nada tinggi.

Jambi Ekspress
Wednesday, 25 June 2008

Tidak ada komentar: